Di era seperti sekarang, pembuktian kepemilikan sebuah konten menjadi penting. Mengingat konten adalah sebuah properti yang memiliki potensi nilai ekonomi tinggi.

Baik itu foto, teks, atau ulasan – Anda dapat melindungi konten yang Anda miliki. Untuk memerangi pemalsuan dan pembajakan, atau untuk memvalidasi keaslian.

Wordstamp – Blockchain Timestamp Validator

Cap waktu penting karena memberikan sidik jari atau hash unik untuk versi terbaru dari konten yang telah ditambahkan ke blockchain. Ini memberikan bukti bahwa pemilik konten yang membuatnya, dan itu belum diedit atau dirusak. Selain itu, situs web memiliki bukti waktu penerbitan, yang dapat digunakan untuk potensi konflik hak cipta.

Wordstamp – Blockchain Timestamp Validator

Mengapa stempel waktu blockchain penting?

Teknologi blockchain dinyatakan sebagai teknologi yang muncul untuk merevolusi cara informasi diproduksi dan disebarluaskan. Karena sifat ketertelusuran, transparansi, dan desentralisasi dari blockchain, masalah berita palsu dapat ditangani secara efektif. Platform yang mendukung blockchain dapat memberi pembaca online cara yang andal untuk memverifikasi konten dan sumbernya.

Dalam beberapa kasus, penting untuk tetap bisa melacak tanggal dan waktu ketika catatan baru dibuat atau bahkan ditambahkan. Stempel waktu blockchain mampu meningkatkan transparansi dan keaslian konten, sekaligus memberikan sertifikat blockchain yang dapat diunduh sebagai bukti keberadaan.

Stempel waktu ini berfungsi dengan cara yang sederhana. Kami menggunakan proses hashing untuk membuat cap waktu yang kemudian disimpan dan didistribusikan kedalam jaringan Blockchain. Wordstamp menggunakan properti konten situs web seperti teks, judul, tanggal, kunci publik sebagai input untuk menciptakan sidik jari atau hash unik. Stempel waktu seperti itu memungkinkan Anda membuktikan tanpa keraguan bahwa Anda tidak mengubah ukuran konten, waktu, dari transaksi blockchain. Jika salah satu masukan ini berubah, hash juga akan berubah. Bahkan jika, misalnya, Anda mengubah satu karakter, seperti koma, di konten Anda seperti entri blog, hash akan berubah. Anda dapat melihat stempel waktu sebagai akta kelahiran untuk suatu konten. Dengan stempel waktu hash unik dalam blockchain, Anda dapat memproteksi dan membuktikan kepada orang-orang, bahwa Anda tidak merusak informasi yang terkandung didalamnya.

Damos Hanggara – CEO & Co-founder of Trusti

WordStamp merupakan plugin wordpress yang dikembangkan oleh perusahaan startup Trusti yang berbasis di Indonesia berjuang untuk mencapai hal yang sama dan menyingkirkan ketidakpercayaan, plagiarisme, dan berita palsu dari internet dengan bantuan teknologi blockchain.

Protected with blockchain timestamps